Home » , , » Apa Itu Meta Tag ?

Apa Itu Meta Tag ?

Written By Arnoldi Hernanda on Senin, 21 Januari 2013 | 03.53

Pertama-tama, jangan biarkan aku menyesatkan Anda, meta tag bukan "peluru ajaib" yang akan meroketkan situs Anda ke bagian atas semua daftar pencarian halaman. Mereka adalah alat yang akan membantu meningkatkan klasemen Anda di search engine bagi yang menggunakannya. Gunakan ini dengan strategi pemasaran lainnya untuk mengumpulkan lebih banyak tampilan halaman di pencarian.

Apa Itu Meta Tag dan Funsinya?

Satu hal yang perlu diingat, bahwa kebanyakan mesin pencari melihat teks body pada halaman Anda, serta judul halaman. Mereka mengambil informasi ini sebagai relevansi yang lebih tinggi daripada meta tag. Jadi, pastikan untuk selalu memiliki <TITLE> yang relevan pada halaman Anda, dan konten yang relevan dalam  body halaman. Ini akan meningkatkan peringkat Anda lebih dari sekedar meta tag saja.

Apa itu Meta Tag?
Sebuah meta tag adalah tag tersembunyi yang tinggal di <HEAD> dokumen HTML. Hal ini digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang dokumen HTML. Mungkin jenis-jenis meta tag ada tiga, yaitu content, http-equiv, dan name. Meta tag selalu memberikan informasi dalam pasangan nama/nilai. Sebuah name, http-equiv dan content memberikan informasi nama dan content provides informasi nilai. Meta tag tidak memiliki tag penutup.

Content
Atribut ini akan selalu ditemukan dalam meta tag yang terbentuk dengan baik. Ini memberikan informasi nilai dalam pasangan nama/nilai. Hal ini dapat berupa string yang valid, yang harus menyertakan dalam tanda kutip.

Name
Ini adalah bagian nama dalam pasangan nilai nama. Anda dapat menggunakan nama yang Anda inginkan atau yang mungkin berguna bagi Anda. Beberapa nama umum adalah :

1. Kata kunci - kata-kata yang mengidentifikasi apa halaman sekitar, biasanya digunakan di mesin pencari
    <meta name="keywords" content="HTML, HTML help, meta tags, promotion, web sites">

2. Deskripsi - deskripsi singkat dari halaman
     <meta name="description" content="Boost strategi pemasaran Anda dengan tags"> meta

3. Penulis - nama penulis dan alamat email mungkin
    <meta name="author" content="Odii Siitohang">

4. Robot - untuk membolehkan atau melarang pengindeksan oleh robot
    <meta name="robots" content="noindex">

5. Hak cipta - tanggal hak cipta dari halaman
    <meta name="copyright" content="Juni 2012">


Apa alasan menggunakan Meta Tag?


Banyak orang sering berpikir meta tag hanya sebagai deskripsi dan kata kunci yang digunakan untuk SEO, tapi ada banyak meta tag yang dapat Anda gunakan.

Meta Tag Secara Umum

Alasan paling umum untuk menggunakan Meta Tag adalah untuk memberikan gambaran dari halaman untuk mesin pencari. Hal ini dilakukan dengan <meta name="description">. Tag deskripsi memberikan gambaran (biasanya 400 karakter atau kurang) singkat dari halaman, bahwa mesin pencari menggunakan judul terkait. Sebuah penjelasan yang baik dapat menarik perhatian pembaca ke halaman web Anda.

Sebuah meta tag terkait adalah <meta name="keywords">. Hal ini memungkinkan penulis halaman untuk menentukan kata kunci yang terkait dengan konten halaman. Beberapa mesin pencari menggunakan tag ini untuk mengisi indeks mereka dan beberapa juga tidak.

Sebuah meta tag akhir yang digunakan cukup sering adalah meta tag refresh. Tag ini akan mengarahkan browser web ke URL baru atau refresh halaman saat ini untuk menyediakan beberapa konten dinamis.


Meta Tag Yang Tidak Diperlukan

Sebuah halaman web dapat diposting yang berlaku, dibaca, dan ditemukan oleh mesin pencari tanpa meta tag sama sekali. Seperti yang saya sebutkan di atas, banyak mesin pencari tidak menggunakan kata kunci meta tag. Dan jika Anda meninggalkan dari deskripsi, kebanyakan mesin pencari hanya akan ambil beberapa teks dari isi halaman itu sendiri.

Saya sarankan menggunakan description meta tag dan melewatkan atau membuang sisanya. Ini memberi Anda paling efisien penggunaan waktu Anda sekaligus mengoptimalkan untuk mesin pencari utama (Google, Yahoo, dan Bing). Kemudian Anda dapat memutuskan untuk menggunakan meta tag lainnya (seperti penulis, hak cipta, dll) yang Anda butuhkan pada dokumen Anda. Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda tidak benar-benar membutuhkannya.


Jenis yang paling umum dari meta tag Anda akan menemukan di Web adalah:

Kata Kunci

Kata kunci yang digunakan oleh mesin pencari untuk membuat halaman lebih mudah dicari. Anda akan menaruh kata-kata yang digunakan pada halaman yang paling menggambarkan halaman.

<meta name="keywords" content="antivirus Norton AntiVirus Enterprise edition nav AV">


Deskripsi

Deskripsi ini digunakan oleh mesin pencari untuk memberikan sinopsis singkat dari halaman. Anda akan menempatkan satu atau dua kalimat yang menjelaskan apa halaman sekitar.

<meta name="description" content="Norton AntiVirus Enterprise Edition is the most comprehensive antivirus solution available for businesses">



Ada juga meta tag yang menyediakan fungsi yang sedikit berbeda. Jenis meta tag sebenarnya memberitahu server Web atau browser untuk melakukan sesuatu dengan atau ke halaman. Yang paling umum dari jenis meta tag adalah tag Refresh. Hal ini digunakan baik untuk me-refresh halaman saat ini atau memindahkan fokus browser ke halaman yang sama sekali baru.

Refresh halaman ke halaman Web Design rumah setelah 10 detik:
<meta http-equiv="refresh" content="10;url=http://webdesign.about.com/">
Refresh halaman sendiri setelah 30 detik (mungkin untuk mendapatkan informasi baru dari sebuah spreadsheet atau CGI)

<meta http-equiv="refresh" content="30">
Satu hal terakhir yang perlu diperhatikan: halaman web Banyak menulis kata kunci dan deskripsi meta tag sebagai "http-equiv" tag. Ini tidak benar!!!. Notasi yang benar adalah seperti yang saya tulis di atas. Sebagai contoh:

SALAH

<meta http-equiv="keywords" content="antivirus Norton AntiVirus Enterprise edition nav AV">


MEMPERBAIKI

<meta name="keywords" content="antivirus Norton AntiVirus Enterprise edition nav AV">


Setelah Anda memahami bahwa meta tag tidak dimaksudkan untuk dilihat oleh pembaca, melainkan untuk digunakan dalam browser itu sendiri, itu membuat mereka lebih mudah untuk digunakan.


Sudah paham?
Terima kasih, semoga membantu Anda sobat.
Sumber Artikel : http://webdesign.about.com/cs/metatags/a/aa083099.htm
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Template by Hack4rt | Novalbs | Novalbintangs
Powered by Mastemplate